Senin, 03 April 2017

PSIKOLOGI DAN TAHAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN

PSIKOLOGI DAN TAHAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN • Proses dan Periode Pola perkembangan anak adalah pola yang kompleks karena merupakan hasil dari beberapa proses : proses biologis, kognitif dan sosialemosional. Perkembangan juga bisa dideskripsikan berdasarkan periodenya. a. Proses Biologis perubahan dalam tubuh anak. Proses biologis melandasi perkembangan otak, berat dan tinggi badan, perubahan dalam kemampuan bergerak dan perubahan hormonal b. Proses Kognitif Perubahan dalam pemikiran, kecerdasan dan bahasa anak. Proses perkembangan kognitif memampukan anak untuk membayangkan bagaimana cara memecahkan soal matematika, menyusun strategi kreatif atau menghubungkan kalimat menjadi pembicaraan yang bermakna. c. Proses Sosioemosional perubahan dalam hubungan anak dengn orang lain, perubahan dalam emosi dan perubahan dalam kepribadian . - Periode Perkembangan Dalam system klasifikasi yang paling bnyak dipakai, periode perkembangan meliputi periode: a. Infancy (Bayi) adalah periode dari kelahiran sampai usia dua puluh empat bulan. Ini adalah masa ketika anak sangat bergantung pada orang tuanya. b. Early Childhood (kadang dnamakan usia “prasekolah”) adalah periode dari akhir masa bayi sampai umur lima atau enam tahun. Selama periode ini anak menjadi mandiri dan mulai siap tuk bersekolah . c. Middle dan late childhood (terkadang disebut masa sekolah dasar) adlah dimulai dari usia enam sampai sebelas tahun. Anak mulai menguasai keahlian membaca, menulis dan berhitung. d. Adolescence (Remaja) adalah transisi dari masa anak – anak ke usi dewasa. Periode ini dimulai sekitar usia sepuluh atau duabelas tahun , remaja mulai mengalami perubahan fisik yang cepat. • PERKEMBANGAN KOGNITIF - Otak Jumlah dan ukuran saraf otak terus bertambah setidaknya sampai usia remaja. Myelination dalam daerah otak yang berhubungan dengan koordinasi mata – tangan belum lengkap sampai usia empat tahun. Myelination dalam area otak yang paling penting dalam memfokuskan perhatian belum lengkap sampai akhir usia sekolah dasar.Synapse adalah gap (jarak) tipis antar neuron tempat terbentuknya koneksi antar neuron - Otak dan Pendidikan anak Beberapa jurnalis menegaskan bahwa pendidikan harus menengok pada ilmu saraf untuk menjawab pertanyaan untuk bagaimana cara terbaik mengajar anak berdasarkan pertumbuhan dan perkembangan otak. • Teori Piaget Piaget mengatakan bahwa ada dua proses yng bertanggung jwab atas cara anak menggunakan dan mengadaptasi skema mereka: asimilasi dan akomodasi. Asimilasi adalah terjadi ketika seorang anak memasukan pengetahuan baru kedalam pengetahuan yang sudah ada. Yakni,dalam asimilasi anak mengasimilasikan lingkungan kedalam suatu skema. Akomodasi adlah terjadi ketika anak menyusaikan dari pada informasi baru. Yakni, anak menyusaikan skema mereka dengan lingkunganya. Piaget juga mengatakan bahwa untuk memahami dunianya, anak – anak secara kognitif mengorganisasikan pengalaman mereka. Organisasi adalah piaget yang berarti usaha mengelompokan perilaku yang terpisah – pisah ke dalm urutan yang lebih teratur, ke dalam system fungsi kognitif. Tahap tahap piaget a. Tahap sensorimotor (dari kelahiran sampai usi 2 tahun) : bayi membangun pemahaman dunia dengan mengoordinasikan pengalaman indrawi dan tindakan fisik. Bayi melangka maju dari tindakan instingtual dan refleksif saat baru saja lahir dari pemikirn simbolis menjelang akhir tahap ini. b. Tahap Pra-Operasional (usia 2 samai 7 ) : anak mulai merepresentasikan dunia dengan kata dan gambar . kata dan gambar ini merefleksikan peningkatan pemikiran simbolis dan melampoi koneksi informasi indrawi dan tindakan fisik. c. Tahap Operasional Kongkret ( 7-11 tahun) : anak kini bias menalar secara logis tentang kejadian – kejadian kongkret dan mampu mengklasifikasi objek kedalam kelompok yang berbeda – beda. d. Tahap Operasional Formal( 11- sampai dewasa) : remja berfikir lebih abstrak , idealistis dan logis. • Perkembangan Bahasa Bahasa adalah bentuk komunikasi, entah itu lisan, tertulis atau tanda, yang didasarkan pada sistem simbol. Semua bahasa manusia adalah generatif (diciptakan) Fonologi : adalah sistem suara bahasa. Aturan fonologi mengizinkan beberapa sekuensi suara. Morfologi : Adalah aturan untuk mengombinasikan morfem, yang merupakan rangkaian suara yang merupakan bahasa satuan terkecil. Sintaksis : cara kata dikombinasikan untuk membentuk frasa dan kalimat yang bisa di terima.Semantik : adalah makna dari kata atau kalima Pragmatis : adalah penggunaan percakapan yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar